Sabtu, 04 Januari 2014

Sistem Informasi Manajemen Akademik


NAMA           : HUSNI TAMRIN
KELAS          : 2DB11
NPM              : 38112282


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK UNIVERSITAS GUNADARMA

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma (UG) Tahun 2013/2014

Kini pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui internet. Hal ini sebagai wujud kepedulian Universitas Gunadarma dalam mewujudkan sistem yang lebih fleksibel dilingkup interaksi universitas dengan masyarakat.
Khusus Pendaftaran yang dilakukan secara Online akan mendapatkan potongan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- (Pendaftaran yang dilakukan secara Reguler di counter pendaftaran adalah sebesar Rp. 300.000,-)

Untuk menjadi mahasiswa UG, anda dapat masuk melalui jalur :

Reguler
Berikut adalah tahapan yang anda lalui apabila melalui jalur reguler online 
1.      Registrasi 
Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur Reguler ini melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/reguler. Silakan mengisi form registrasi Anda pada halaman Register. Setelah mengisi data pada halaman register, Anda akan mendapatkan konfirmasi dan register melalui email Anda.
2.      Pembayaran
Setelah proses registrasi dan mendapatkan nomor register, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor register Anda. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui email/Nomor HP Anda. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran melalui email, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi Panitia, di Telpon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00, Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
3.      Melengkapi Data Isian 
Setelah mendapatkan konfirmasi Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Formulir dan selanjutnya Anda wajib kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/reguler untuk melengkapi Data Isian Mahasiswa Baru dan Anda dapat menentukan lokasi Ujian Masuk UG yang dipilih.
4.      Ujian Masuk 
Setelah Anda melengkapi Data Isian dan menentukan lokasi Ujian Masuk UG, maka Anda akan mendapatkan jadwal sesuai dengan lokasi ujian pilihan Anda.
5.      Pengumuman Hasil Seleksi 
Hasil Seleksi Jalur Reguler akan diumumkan melalui email/sms/diambil di counter pendaftaran ataupun dilihat http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/ pada waktu yang ditentukan oleh Panitia PMB, setelah Anda melakukan Ujian Masuk yang telah di jadwalkan. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang dipilih, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.
6.      Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan membayar Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan di counter pendaftaran setelah menghubungi Panitia.
7.      Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.
8.      Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)
PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia.

PMDK
Berikut adalah tahapan yang anda lalui apabila melalui jalur PMDK online (DIPERUNTUKAN BAGI YANG AKAN LULUS SMA/SMK Sederajat TAHUN 2013)

Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur PMDK (DIPERUNTUKAN BAGI YANG AKAN LULUS SMA/SMK Sederajat TAHUN 2013) :
1.      Registrasi 
Syarat untuk registrasi adalah Anda harus memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar Jalur PMDK melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/. Silakan mengisi form registrasi anda pada halaman Register. Setelah mengisi data pada halaman register, Anda akan mendapatkan konfirmasi dan nomor referensi melalui email Anda.
2.      Pembayaran
Setelah proses registrasi dan mendapatkan nomor referensi, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor referensi Anda. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui email/sms. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran melalui email/sms, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi Panitia, di Telepon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00, Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
3.      Melengkapi Data Isian
Setelah mendapatkan konfirmasi Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Formulir dan selanjutnya Anda wajib kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/ untuk melengkapi Data Isian Mahasiswa Baru.
4.      Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil Seleksi PMDK akan diumumkan melalui email/sms Anda 7 hari kerja setelah Anda melengkapi Data Isian. Isi pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang dipilih, jumlah biaya yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.
5.      Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan menghubungi Panitia di counter pendaftaran untuk melakukan pembayaran Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan.
6.      Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.
7.      Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi (PPSPPT)
PPSPPT merupakan Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan oleh Panitia. 


Penilai Keuntungan dan Kerugian
Kelebihan dan Kekurangan Fasilitas-Fasilitas  yang Terdapat di Universitas Gunadarma
Kelebihan dan Kekurangan Studentsite

Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena Univesitas Gunadarma adalah universitas yang berbasis teknologi computer. Universitas Gunadarma telah menyediakan fasilitas – fasilitas yang dapat membantu mahasiswa dalam mengakses informasi.

Kelebihan:
Kelebihan dari studentsite yaitu studentsite mempunyai banyak pelayanan yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat mengakses seluruh kegiatan atau informasi,berikut pelayanan-pelayanan yang terdapat pada studentsite:
1.  Lecture Messages : pada lecture messages mahasiswa dapet melihat tugas – tugas yang diberikan kepada dosen untuk mahasiswa.
2.      Rangkuman Nilai : mahasiswa dapat melihat nilai – nilai yang dia peroleh selama perkuliahan.
3.      Jadwal Kuliah : mahasiswa dapat melihat jadwal kuliah, waktu kuliah, ruangan kuliah  dalam 1 semester.
4.      Jadwal ujian :  mahasiswa dapat mengetahui jadwal yang akan di ujiankan, juga dapat mengetahui waktu dan ruang ujian.
5.  Info Seminar  :  mahasiswa dapat mengetahui apakah ada seminar atau tidak. Mahasiswa pun dapat mengikuti seminar tersebut dengan cara mendaftar seminar.
6.   Tulisan (UG Portfolio) : melalui tulisan, mahasiswa dapat menyumbangkan opini, cerita, tips – tips dan lain – lain. Sebagai alat bantu agar mahasiswa dapat menambah dan memperluas wawasan. Namun perlu diperhatikan agar tulisan yang dibuat mahasiwa tidak menjiplak karya orang lain (plagiarisme). Tulisan yang di posting oleh mahasiswa dapat di akses oleh semua orang mealui wartawarga.
7.  Tugas (UG Portfolio) : melalui tugas, mahasiswa dapat mengupload tugas yang diberikan oleh dosen, sehingga tugas kita dapat dibaca oleh dosen yang bersangkutan.
8.     Warta warga : melalui studentsite mahasiswa juga dapat mengakses wartawarga yang berisi berita, cerita, tips, dan lain – lain.

Kekurangan:
Menurut saya, studentsite juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :
1.  Terdapat beberapa mahasiswa yang sulit dalam melakukan registrasi / aktifasi studentsite. Terdapat beberapa diantaranya yang mengalami kesalahan pada tanggal lahir sehingga mahasiswa tersebut sukar untuk melakukan aktifasi.
2.    Terkadang tidak bisa di akses webnya. Hal itu di karenakan terlalu banyak mahasiswa yang mengakses studentsite.
Pada intinya studentsite memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Karena mahasiswa cukup mengakses studentsite untuk mengetahui berbagai macam informasi yang ada.

Kelebihan dan Kekurangan BAAK Online

Kelebihan BAAK Online
1.      Tidak perlu repot
Dengan adanya layanan BAAK Online, para mahasiswa tidak perlu datang berdesak-desakan untuk mengantri mendapatkan informasi. Cukup sekali Klik dari Notebook/PC masing-masing mahasiswa, dan mereka dapat mendapatkan informasi yang mereka cari.
2.      Menghemat waktu
BAAK Online membantu para mahasiswa mencari informasi seputar administrasi akademik dengan cepat. Jika dibanding dengan BAAK Manual yang mencari informasi lebih lambat, BAAK Online adalah solusi yang terbaik untuk masalah ini.
3.      Hemat biaya & Tenaga
Dengan menggunakan layanan BAAK Online, anda tidak perlu menghabiskan biaya dan tenaga yang terlalu banyak. Pikirkan juga jika anda seorang mahasiswa Kalimalang. Jika ia membutuhkan informasi mengenai pengurusan cuti akademik. Maka prosedurnya harus dilihat dulu di BAAK. Jika dia harus ke BAAK, maka ia akan menghabiskan uang ataupun tenaga.
Jika ia hanya menggunakan layanan BAAK Online, maka ia hanya perlu duduk manis di depan layar Notebook/PC tanpa perlu membuang tenaga dan biaya yang terlalu mahal
4.      Cepat dan akurat
Pencarian dengan layanan BAAK Online mempunyai tingkat kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi. Jika anda mencari informasi secara manual dengan otomatis, maka hasil yang lebih cepat didapat adalah hasil secara otomatis. Hal ini disebabkan karena yang bertugas mencari informasi yang anda butuhkan adalah mesin. Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih cepat

Kekurangan BAAK Online
Untuk sementara ini kekurangan BAAK Online belum saya temukan

Demikian semua yang saya tahu kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam fasilitas Universitas Gunadarma.

Sumber-Sumber:

Kesimpulan
Sebuah sistem informasi akademik dapat berjalan dengan baik ketika semua system sudah mengintegrasikan semua aspek yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Sistem yang baik adalah sistem yang dapat memuaskan semua penggunanya sehingga semua fasilitas yang ada dirasakan dapat memberikan efektifitas, dan efesiensi.

Saran
Setelah penulis menyusun dan membuat suatu sistem informasi akademik, penulis dapat mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari sistem yang penulis susun. Adapun saran terhadap penggunaan sistem informasi akademik yang telah dibuat adalah sebagai berikut :
·         Diharapkan program Sistem Informasi Akademik yang telah dirancang dapat dikembangkan kembali

Flowchart Cara Mendaftar Menjadi Mahasiswa Gunadarma 

Pertama, ada kata start, yang berarti mulai. Kemudian kedua harus lulus SMK/SMA sederajat dulu untuk masuk ke langkah selanjutnya.

Kemudian di kotak proses, ada mengurus berkas-berkas untuk pendaftaran, artinya, anda di wajibkan melakukan proses mempersiapkan berkas-berkas yang akan digunakan untuk pendaftaran.
Kemudian di kotak pilihan, ada lakukan pendaftaran. Disini ada dua pilihan cara, yaitu daftar online atau daftar lewat kampus.
Seteah itu, baru lakukan tes untuk menentukan grade anda.
Berikut adalah gambar flowchart nya:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEir_EiRk1ReeMIlBPsmuEagf1kEMIrt9l-bWe6HTOJQJKbx7oSQVKYigfkVhyIVxnyAqRRidZ01-F6aE7hZOwojaA9ZEuOe5mTGq-4kaXlK2zlT3nDfvhNxE3DRNFrV91HTCQ7EtxdVEH3E/s640/FLOWCHART+ME+SOFTSKILL.jpg
 Sumber : http://rif03.blogspot.com/2011/11/flowchart-cara-mendaftar-menjadi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar