NAMA
: HUSNI TAMRIN
KELAS
: 2DB11
NPM
: 38112282
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK UNIVERSITAS
GUNADARMA
Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas
Gunadarma (UG) Tahun 2013/2014
Kini pendaftaran dapat dilakukan secara
online melalui internet. Hal ini sebagai wujud kepedulian Universitas Gunadarma dalam mewujudkan sistem yang lebih fleksibel dilingkup interaksi
universitas dengan masyarakat.
Khusus Pendaftaran yang dilakukan secara
Online akan mendapatkan potongan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,-
(Pendaftaran yang dilakukan secara Reguler di counter pendaftaran adalah
sebesar Rp. 300.000,-)
Reguler
Berikut adalah tahapan yang anda lalui apabila melalui jalur
reguler online
Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Reguler:
1. Registrasi
Syarat untuk registrasi adalah Anda
harus memiliki email. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar melalui Jalur
Reguler ini melalui alamat website
http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/reguler. Silakan mengisi form
registrasi Anda pada halaman Register. Setelah mengisi data pada halaman
register, Anda akan mendapatkan konfirmasi dan register melalui email Anda.
2. Pembayaran
Setelah proses registrasi dan
mendapatkan nomor register, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran
melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama
Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor register Anda. Setelah
melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui
email/Nomor HP Anda. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran
melalui email, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui
fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi
Panitia, di Telpon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00,
Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
3. Melengkapi Data Isian
Setelah mendapatkan konfirmasi
Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Formulir dan selanjutnya Anda wajib
kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/reguler untuk
melengkapi Data Isian Mahasiswa Baru dan Anda dapat menentukan lokasi Ujian
Masuk UG yang dipilih.
4. Ujian Masuk
Setelah Anda melengkapi Data Isian
dan menentukan lokasi Ujian Masuk UG, maka Anda akan mendapatkan jadwal sesuai
dengan lokasi ujian pilihan Anda.
5. Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil Seleksi Jalur Reguler akan
diumumkan melalui email/sms/diambil di counter pendaftaran ataupun dilihat
http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/ pada waktu yang ditentukan oleh
Panitia PMB, setelah Anda melakukan Ujian Masuk yang telah di jadwalkan. Isi
pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang dipilih, jumlah biaya yang harus
dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.
6. Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon
mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan membayar Biaya Kuliah dan Pemeriksaan
Kesehatan di counter pendaftaran setelah menghubungi Panitia.
7. Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan daftar ulang di counter pendaftaran.
8. Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi
(PPSPPT)
PPSPPT merupakan Program Pengenalan
Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan
oleh Panitia.
PMDK
Berikut
adalah tahapan yang anda lalui apabila melalui jalur PMDK online (DIPERUNTUKAN
BAGI YANG AKAN LULUS SMA/SMK Sederajat TAHUN 2013)
Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur PMDK (DIPERUNTUKAN
BAGI YANG AKAN LULUS SMA/SMK Sederajat TAHUN 2013) :
1. Registrasi
Syarat untuk registrasi adalah Anda
harus memiliki email yang aktif. Calon Mahasiswa Baru UG dapat mendaftar Jalur
PMDK melalui alamat website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/. Silakan
mengisi form registrasi anda pada halaman Register. Setelah mengisi data pada
halaman register, Anda akan mendapatkan konfirmasi dan nomor referensi melalui
email Anda.
2. Pembayaran
Setelah proses registrasi dan
mendapatkan nomor referensi, selanjutnya silahkan Anda melakukan pembayaran
melalui Bank Mandiri, Nomor Rekening : 157.00.55.66.77.87, atas nama
Universitas Gunadarma, dengan menuliskan Nama dan Nomor referensi Anda. Setelah
melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan Konfirmasi pembayaran melalui
email/sms. Apabila Anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran melalui
email/sms, Anda dapat mengirimkan bukti pembayaran yang telah dilakukan melalui
fax. (021) 7872829 ditujukan kepada Panitia PMB Online atau menghubungi
Panitia, di Telepon 021-78881144 Jam Kerja (Senin-Jum.at Pukul 09.00-16.00,
Sabtu pukul 09.00-12.00 WIB).
3. Melengkapi Data Isian
Setelah mendapatkan konfirmasi
Pembayaran Anda akan mendapatkan Nomor Formulir dan selanjutnya Anda wajib
kembali ke website http://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2013/ untuk melengkapi
Data Isian Mahasiswa Baru.
4. Pengumuman Hasil Seleksi
Hasil Seleksi PMDK akan diumumkan
melalui email/sms Anda 7 hari kerja setelah Anda melengkapi Data Isian. Isi
pengumuman meliputi: jurusan, jenjang yang dipilih, jumlah biaya yang harus
dibayarkan serta tanggal jatuh tempo pembayaran.
5. Pembayaran Uang Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan
Setelah Anda diterima sebagai calon
mahasiswa baru UG, selanjutnya Anda diharuskan menghubungi Panitia di counter
pendaftaran untuk melakukan pembayaran Biaya Kuliah dan Pemeriksaan Kesehatan.
6. Daftar ulang
Setelah dinyatakan lulus Pemeriksaan
Kesehatan dan melakukan Pembayaran Biaya Kuliah, Anda diwajibkan melakukan
daftar ulang di counter pendaftaran.
7. Program Pengenalan Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi
(PPSPPT)
PPSPPT merupakan Program Pengenalan
Kampus bagi Mahasiswa Baru, tempat dan tanggal pelaksanaan PPSPPT ditentukan
oleh Panitia.
Penilai Keuntungan dan Kerugian
Kelebihan dan Kekurangan
Fasilitas-Fasilitas yang Terdapat di Universitas Gunadarma
Kelebihan dan Kekurangan Studentsite
Universitas Gunadarma merupakan salah satu
universitas terbaik yang ada di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena
Univesitas Gunadarma adalah universitas yang berbasis teknologi computer.
Universitas Gunadarma telah menyediakan fasilitas – fasilitas yang dapat
membantu mahasiswa dalam mengakses informasi.
Kelebihan:
Kelebihan dari studentsite yaitu studentsite
mempunyai banyak pelayanan yang dapat membantu mahasiswa untuk dapat mengakses
seluruh kegiatan atau informasi,berikut pelayanan-pelayanan yang terdapat pada
studentsite:
1. Lecture Messages : pada lecture messages mahasiswa dapet
melihat tugas – tugas yang diberikan kepada dosen untuk mahasiswa.
2.
Rangkuman Nilai : mahasiswa dapat melihat nilai – nilai
yang dia peroleh selama perkuliahan.
3.
Jadwal Kuliah : mahasiswa dapat melihat jadwal kuliah,
waktu kuliah, ruangan kuliah dalam 1 semester.
4.
Jadwal ujian : mahasiswa dapat mengetahui jadwal
yang akan di ujiankan, juga dapat mengetahui waktu dan ruang ujian.
5. Info Seminar : mahasiswa dapat mengetahui
apakah ada seminar atau tidak. Mahasiswa pun dapat mengikuti seminar tersebut
dengan cara mendaftar seminar.
6. Tulisan (UG Portfolio) : melalui tulisan, mahasiswa
dapat menyumbangkan opini, cerita, tips – tips dan lain – lain. Sebagai alat
bantu agar mahasiswa dapat menambah dan memperluas wawasan. Namun perlu
diperhatikan agar tulisan yang dibuat mahasiwa tidak menjiplak karya orang lain
(plagiarisme). Tulisan yang di posting oleh mahasiswa dapat di akses oleh semua
orang mealui wartawarga.
7. Tugas (UG Portfolio) : melalui tugas, mahasiswa dapat
mengupload tugas yang diberikan oleh dosen, sehingga tugas kita dapat dibaca
oleh dosen yang bersangkutan.
8.
Warta warga : melalui studentsite mahasiswa juga dapat
mengakses wartawarga yang berisi berita, cerita, tips, dan lain – lain.
Kekurangan:
Menurut saya, studentsite juga memiliki beberapa
kekurangan diantaranya :
1. Terdapat beberapa mahasiswa yang sulit dalam melakukan
registrasi / aktifasi studentsite. Terdapat beberapa diantaranya yang mengalami
kesalahan pada tanggal lahir sehingga mahasiswa tersebut sukar untuk melakukan
aktifasi.
2. Terkadang tidak bisa di akses webnya. Hal itu di
karenakan terlalu banyak mahasiswa yang mengakses studentsite.
Pada intinya studentsite memiliki banyak manfaat
bagi mahasiswa. Karena mahasiswa cukup mengakses studentsite untuk mengetahui
berbagai macam informasi yang ada.
Kelebihan dan Kekurangan BAAK Online
Kelebihan BAAK Online
1.
Tidak perlu repot
Dengan adanya
layanan BAAK Online, para mahasiswa tidak perlu datang berdesak-desakan untuk
mengantri mendapatkan informasi. Cukup sekali Klik dari Notebook/PC
masing-masing mahasiswa, dan mereka dapat mendapatkan informasi yang mereka
cari.
2.
Menghemat waktu
BAAK Online
membantu para mahasiswa mencari informasi seputar administrasi akademik dengan
cepat. Jika dibanding dengan BAAK Manual yang mencari informasi lebih lambat,
BAAK Online adalah solusi yang terbaik untuk masalah ini.
3.
Hemat biaya & Tenaga
Dengan
menggunakan layanan BAAK Online, anda tidak perlu menghabiskan biaya dan tenaga
yang terlalu banyak. Pikirkan juga jika anda seorang mahasiswa Kalimalang. Jika
ia membutuhkan informasi mengenai pengurusan cuti akademik. Maka prosedurnya
harus dilihat dulu di BAAK. Jika dia harus ke BAAK, maka ia akan menghabiskan
uang ataupun tenaga.
Jika ia
hanya menggunakan layanan BAAK Online, maka ia hanya perlu duduk manis di depan
layar Notebook/PC tanpa perlu membuang tenaga dan biaya yang terlalu mahal
4.
Cepat dan akurat
Pencarian
dengan layanan BAAK Online mempunyai tingkat kecepatan dan efisiensi yang lebih
tinggi. Jika anda mencari informasi secara manual dengan otomatis, maka hasil
yang lebih cepat didapat adalah hasil secara otomatis. Hal ini disebabkan
karena yang bertugas mencari informasi yang anda butuhkan adalah mesin.
Sehingga hasil yang didapatkan akan lebih cepat
Kekurangan BAAK Online
Untuk sementara ini kekurangan BAAK Online belum
saya temukan
Demikian semua yang saya tahu kekurangan dan
kelebihan yang terdapat dalam fasilitas Universitas Gunadarma.
Sumber-Sumber:
Kesimpulan
Sebuah
sistem informasi akademik dapat berjalan dengan baik ketika semua system sudah
mengintegrasikan semua aspek yang berkaitan dengan proses belajar mengajar. Sistem
yang baik adalah sistem yang dapat memuaskan semua penggunanya sehingga semua
fasilitas yang ada dirasakan dapat memberikan efektifitas, dan efesiensi.
Saran
Setelah penulis menyusun dan
membuat suatu sistem informasi akademik, penulis dapat mengetahui apa yang
menjadi kelebihan dan kekurangan dari sistem yang penulis susun. Adapun saran
terhadap penggunaan sistem informasi akademik yang telah dibuat adalah sebagai
berikut :
·
Diharapkan
program Sistem Informasi Akademik yang telah dirancang dapat dikembangkan
kembali
Flowchart Cara Mendaftar Menjadi Mahasiswa Gunadarma
Pertama, ada kata start, yang berarti mulai. Kemudian kedua harus lulus SMK/SMA sederajat dulu untuk masuk ke langkah selanjutnya.
Kemudian di kotak proses, ada mengurus
berkas-berkas untuk pendaftaran, artinya, anda di wajibkan melakukan proses
mempersiapkan berkas-berkas yang akan digunakan untuk pendaftaran.
Kemudian di kotak pilihan, ada lakukan
pendaftaran. Disini ada dua pilihan cara, yaitu daftar online atau daftar lewat
kampus.
Seteah itu, baru lakukan tes untuk
menentukan grade anda.
Berikut adalah
gambar flowchart nya:
Sumber : http://rif03.blogspot.com/2011/11/flowchart-cara-mendaftar-menjadi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar